• iconKedung, Jepara
  • iconma@darul-hikmah.sch.id

Jam Operasional : Senin s/d Sabtu 07:00 - 14:00

icon

Butuh bantuan? hubungi kami

(0291) 755822

MA Darul Hikmah Menganti Dorong Pendidikan Demokrasi di Madrasah Melalui Pemilihan OSIS

Blog Details

MA Darul Hikmah Menganti Dorong Pendidikan Demokrasi di Madrasah Melalui Pemilihan OSIS

MA Darul Hikmah Menganti menyelenggarakan pemilihan OSIS seperti pemilihan umum yang berlaku pada masyarkat pada umumnya  guna  membentuk generasi muda yang demokratis dan sebagai bekal awal bagi siswa sebelum masuk di pemilihan umum yang sesungguhnya.

Guru Mata pelajaran  PPKN  Tri Susilowati, ST  mengatakan, pendidikan untuk mengenalkan, mempelajari, dan mempraktikkan prinsip dan nilai-nilai demokrasi adalah salah satu fungsi paling penting dan esensial dari cita-cita kemerdekaan untuk menjadi bangsa yang demokratis. Oleh sebab itu, pendidikan demokrasi didorong untuk dapat diimplementasikan di sekolah.

Tahapan tahapan pemilihan OSIS di MA Darul Hikmah pun dibuat sesuai ketentuan yang berlaku di pemilihan umum yang sesungguhnya, diantaranya adanya Debat calon ketua OSIS dan penyampaian Visi Misi masing masing calon sebelum pelaksanaan pemungutan suara berlangsung.

Pengenalan tentang pemilihan umum yang demokratis  yang memiliki unsur langsung, umum, bebas, dan rahasia kita laksanakan di sekolahan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mengenal lebih dini dan mempersiapkan siswa sebelum terjun di masyarakat bagaimana berdemokrasi yang baik dan benar tutur Zahri Tamam, MPd selaku Waka Kesiswaan.