• iconKedung, Jepara
  • iconma@darul-hikmah.sch.id

Jam Operasional : Senin s/d Sabtu 07:00 - 14:00

icon

Butuh bantuan? hubungi kami

(0291) 755822

Peringatan Hari Santri Nasional Dengan Istighasah Dan Doa Bersama

Blog Details

Peringatan Hari Santri Nasional Dengan Istighasah Dan Doa Bersama

Santri merupakan seseorang yang mempelajari dan mendalami agama Islam di sebuah pondok pesantren. Mereka identik dengan sarung dan sandal jepitnya.  Akan tetapi,  dibalik itu semangat akan jiwa nasionalisme yg dibalut dengan kecintannya terhadap Allah memberikan ekspresi  semangat yang terus berkobar dari dulu hingga sekarang untuk mempertahankan dan memajukan bangsanya.

Penetapan Hari Santri Nasional yang jatuh tanggal 22 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015. Penetapan ini dikaitkan dengan sejarah resolusi jihad yang diprakarsai oleh tokoh NU Kiai Hasyim Asyari yang pada saat itu menjabat sebagai Rais NU Pengurus Besar Nahdhlatul Ulama. Beliau bersama Tokoh NU Jawa dan Madura mengadakan pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Oktober sehingga munculah resolusi jihad sebagai suatu bentuk sikap kepada pemerintah agar segera mengambil tindakan kepada kolonial Belanda yang ingin mengambil alih kembali kekuasaan di Indonesia.

Hari ini bertepatan dengan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2020, MA Darul Hikmah memperingatinya dengan menggelar acara Istigasah dan Doa bersama bertempat di Masjid Darul Hakim dengan tema " Santri Sehat Indonesia Kuat". Acara ini diikuti oleh semua warga sekolah mulai dari siswa,  guru,  dan karyawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter siswa  menjadi siswa yang selalu berusaha dalam meraih cita citanya tanpa melupakan berdoa sebagai wujud  hamba yang berketuhanan.  Selain ingin membentuk  karakter siswa sesuai  dengan harapan pemerintah yaitu pendidikan yang  mampun membangun karakter (Character Building),  kegiatan inipun bertujuan agar  seluruh Civitas academica Yayasan Darul Hikmah Menganti  Jepara  dan bangsa Indonesia mendapatkan keberkahan,  keselamatan,  serta kemajuan untuk saat ini dan yang akan datang.(Umma)


Komentar

Tinggalkan Komentar