• iconKedung, Jepara
  • iconma@darul-hikmah.sch.id

Jam Operasional : Senin s/d Sabtu 07:00 - 14:00

icon

Butuh bantuan? hubungi kami

(0291) 755822

Tim EXBOT MA Darul Hikmah Ciptakan Prototipe Alat Otomatisasi Persawahan

Blog Details

Tim EXBOT MA Darul Hikmah Ciptakan Prototipe Alat Otomatisasi Persawahan

Tim EXBOT MA Darul Hikmah kembangkan project Alat Otomatisasi Persawahan yang bernama Assistive Technology in Agriculture.  Project ini diproyeksikan untuk membantu meringankan pekerjaan para petani khususnya dalam irigasi air untuk memenuhi mineral tanaman. Selain itu, alat ini berfungsi untuk mencegah agar tanaman tidak rusak karena terserang hama.

Tim yang beranggotakan 2 siswa, yaitu Teguh Ulil Abshor (Kelas XII IPA 2) dan M Roghib Sirojiddin (Kelas XII IPA 1) ini menyusun prototipe dalam waktu 1 bulan di Laboratorium Robotik Yayasan Darul Hikmah Menganti. Beberapa komponen utama yang digunakan diantaranya adalah Sensor Ultrasonic, Sensor PIR, Sensor LDR, Potensio, Pompa DC, LED, LCD, DC Motor, Buzzer, dan Relay.

Sensor Ultrasonic digunakan untuk mendeteksi ketinggian air. Ketika ketinggian air kurang dari yang sudah ditentukan, secara otomatis sensor akan bekerja dan menghidupkan pompa air. Begitu juga ketika air melebihi batas yang telah ditentukan maka otomatis sensor akan bekerja dan pompa air akan mati. Cara kerjanya sama dengan pengindraan kelelawar yaitu dengan mengeluarkan gelombang ultrasonic. Frekuensi gelombang yang dapat dibaca sensor ini adalah antara 40 KHz hingga 400 KHz dan mempunyai jarak baca sekitar 3-300 cm dengan jangkauan sudut kurang dari 15°. Selain itu, alat ini juga berfungsi untuk mengusir hama yang menggunakan prinsip perubahan energi listrik menjadi energi suara, sehingga hama akan merasa terusik dan pergi.

Dengan diciptakannya prototipe ini diharapkan dapat  membantu meringankan pekerjaan para petani di daerah Menganti dan sekitarnya sehingga komoditas pangan dan kebutuhan pangan akan tercukupi dan terpenuhi.

“Kami akan berupaya untuk terus mengembangkan potensi siswa siswi MA DH dan menciptakan terobosan baru di bidang akademik maupun non akademik, sehingga siswa siswi MA DH ketika lulus sudah mempunyai bekal yang cukup dan diharapkan dapat bermanfaat di masyarakat”, ujar Bapak Faiz Nor, S. Pd selaku Kepala Madrasah MA Darul Hikmah Menganti.

MA Darul Hikmah saat ini masih membuka pendaftaran bagi peserta didik baru, dengan 2 program unggulan yaitu Kelas Tahfidz dan Kelas IPA Robotik. Info PPDB dapat menghubungi nomor 085225525525.

Komentar

Tinggalkan Komentar