• iconKedung, Jepara
  • iconma@darul-hikmah.sch.id

Jam Operasional : Senin s/d Sabtu 07:00 - 14:00

icon

Butuh bantuan? hubungi kami

(0291) 755822

Tim EXBOT MA Darul Hikmah Menganti Borong 4 Piala Lomba Robotik Se Jawa Tengah !

Blog Details

Tim EXBOT MA Darul Hikmah Menganti Borong 4 Piala Lomba Robotik Se Jawa Tengah !

Semarang, 21 Februari 2023 EXBOT MA DH mengirimkan 4 tim dalam lomba Robotik yang diadakan oleh RobotAsia dan Racer Robotic Indonesia di UIN Walisongo Semarang. RobotAsia dan Racer Robotic Indonesia merupakan dua Lembaga Robot Professional yang kerap mengadakan lomba robotik bergengsi di Indonesia. 
Pada kategori Coding Mission, tim EXBOT MA DH berhasil menyapu bersih juara 1,2, dan 3 dari 74 peserta yang berasal dari sekolah se Jawa Tengah. Tim pertama beranggotakan M Toyang Sinau Jagad (XI IPA 1) dan Akmal Thoriq (X IPA 2) berhasil menyabet Juara 1 (Gold Medal). Tim Kedua beranggotakan Nafakhatis Saniyah (XI IPA 1) dan Safira Rahma Salsabila (XI IPA 1) menyabet Juara 2 (Silver Medal). Yang terakhir yaitu Salma Nadia Azzahra Prasetya (XII IPA 2) dan Arneta Luna (XI IPA 2) berhasil mengamankan Juara 3 (Bronze Medal) untuk MA Darul Hikmah. 
Sedangkan pada Kategori Creative Open, tim EXBOT MA DH yang beranggotakan Diyah Yunita Hikmatul (XII IPA 2) dan M Zaenal Ikhwan (XI IPA 2) berhasil meraih Juara Harapan 3 (Bronze Award). Keduanya menciptakan alat bernama “Smart Trash”, yaitu robot pendeteksi dan pemisah sampah otomatis. 
5 dari 8 siswa di tim EXBOT MA DH yang menjuarai lomba ini merupakan santri Pondok Pesantren Darul Hikmah. “Saya merupakan santri PP Darul Hikmah. Untuk menghadapi lomba ini, saya harus benar benar mengatur waktu dengan baik. Sepulang dari Madrasah, saya latihan bersama teman teman hingga pukul lima sore. Setelah itu, saya pulang ke pesantren dan mengikuti pembelajaran di pesantren seperti biasa. Walaupun capek, tapi saya merasa sangat senang dan bangga bisa mengharumkan nama Darul Hikmah di lomba ini. Yo ngaji, yo sekolah, yo juara.”, ujar M Toyang Sinau Jagad dalam wawancara nya kepada tim Media Yayasan Darul Hikmah. 
Keberhasilan ini tak lepas dari adanya program unggulan Kelas Robotik di MA Darul Hikmah. Mata Pelajaran Robotik telah masuk kurikulum dan menjadi program kelas unggulan di MA Darul Hikmah semenjak satu tahun terakhir. Pembelajaran mata pelajaran robotik menggunakan kurikulum standar nasional yang menerapkan Programming & Logic Thinking, Fun Learning, Problem Solving, serta Creativity & Imagination. 
MA Darul Hikmah telah membuka pendaftaran bagi peserta didik baru, dengan 3 program pilihan yaitu Kelas Tahfidz, Kelas IPA Robotik, dan Kelas Reguler. Info PPDB dapat menghubungi 085225525525. MA Darul Hikmah Great in Character, Knowledge, and Skills. 


Komentar

Tinggalkan Komentar